Rabu, 01 Juli 2015

ANISAH RESMIKAN PASAR RAMADHAN


AMUNTAI – Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1436H, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara bekerja sama dengan Dinas Pasar Kebersihan dan Tata Kota (DPKT) resmi membuka Pasar Ramadhan. Peresmian Pasar Ramadhan ditandai dengan pemotongan pita oleh ketua TP.PKK. HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid yang ditemani suami tercinta Bupati HSU H. Abdul Wahid HK, Kamis (18/6). Pasar yang diadakan setahun sekali ini didirikan di Jalan Basuki Rahmat, tepatnya di samping taman Putri Junjung Buih.

Kepala bidang pasar Rahmi Fadhillah menjelaskan alasan dipilihnya lokasi pasar Ramadhan sekarang agar tidak mengganggu lalu lintas di depan Pasar Amuntai. Rahmi juga menjelaskan panjang pasar Ramadhan tepat dari depan Jembatan Tangga Ulin hingga ujung adalah 300 meter, dengan 80 buah lapak yang tersedia, yang masing-masing lapak berukuran 4×4 meter dan dapat ditempati oleh 2 pedagang.

“Bagi pedagang yang ingin berjualan, kami mengenakan retribusi sebesar Rp.150.000 perlapaknya. Pembayaran tersebut sudah termasuk keamanan dan kebersihan dan ini lebih murah dari tahun kemarin. Retribusinya pun hanya sekali saja” tambah Rahmi.

Pasar yang mulai beroperasi dari jam 13.00 ini menyediakan beraneka ragam masakan, mulai dari ta’jil seperti kolak, bingka barandam, amparan tatak, dan bingka babanam,  sampai lauk-pauk berbahan ikan, ayam, itik, sampai daging sapi dan kerbau. Untuk lauk pauk kebanyakan diolah masakan seperti masak habang, bestik  dan kari.

Salah seorang pengunjung, Mahrita (31) warga Antasari mengaku merasa lebih nyaman dengan lokasi pasar Ramadhan tahun ini karena lebih bersih dan tidak mengganggu jalan. Dia juga merasa senang karena biaya parkirnya juga digratiskan.

Warga Karias, Zainal (34) meminta pemerintah agar mengawasi pedagang sate, nasi bungkus, pundut, lapat yang berjualan dibeberapa sudut kota, kebanyakan dari pedagang tersebut mulai beroperasi dibawah jam 13.00, tentu itu menyalahi aturan pemerintah dan dikhawatirkan dapat menodai kesucian Bulan Ramadhan.(HUMAS/Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar