Selasa, 04 Februari 2014

3.282 Pemilih Belum Miliki NIK

Sebanyak 3282 pemilih dari 160.055 daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Hulu Sungai Utara belum memiliki Nomor induk Kependudukan (NIK) yang harus dibenahi Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat berkoordinasi dengan Dinas Pencatatan Sipil. Pembenahan Pemilih yang belum memilki NIK (DPT Invalid) diharapkan Panwaslu Pusat sudah harus selesai 2 minggu sebelum pelaksanaan Pemilihan Umum Legeslatif. Ketua KPU Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Akhmad Syarwani menjelaskan dari persoalan DPT Pemilu legeslatif (Pileg) yang dibahas ditingkat propinsi dan pusat muncul temuan adanya data DPT Invalid ini, termasuk DPT kabupaten HSU yang terdapat 3.282 pemilih yang belum memiliki NIK.
"Kini kita terus melakukan penyisiran terhadap data DPT Invalid ini dan berkoordinasi dengan Dinas pencatatan Sipil agar bisa dibuatkan nomor Induk Kependudukannya" Ujar Syarwani di Kantor KPU Amuntai belum lama ini. Syarwani menerangkan melalui penyisiran ini KPU sekaligus mendata ulang DPT Inavlid untuk memastikan apakah penduduk bersangkutan sudah masuk DPT dan belum memiliki NIK. "Jika memang belum memiliki NIK akan kita buatkan berita acaranya dan berkoordinasi dengan Dinas Pencatatan Sipil" katanya. Dengan batas waktu dua minggu sebelum Pemilu, kata Syarwani pihak KPU akan berupaya menyelesaikan permasalahan DPT Invalid ini termasuk data pemilih ganda. Selain mengurusi persoalan DPT Invalid, saat ini KPU Kabupaten HSU juga tengah mempersiapkan kebutuhan logistik untuk penyelenggaraan Pileg 2014.
Syarwani menyatakan KPU sudah menerima kiriman logistik berupa perlengkapan bilik dan kotak suara serta alat pencoblosan surat suara yang kini disimpan di Gudang Logistik samping kantor KPU HSU. Selanjutnya, imbuh Syarwani KPU tinggal menunggu kiriman lembar surat suara dari KPU Pusat. "Kita sudah mengirimkan berita acara terkait data jumlah TPS dan sebagainya yang diminta KPU Pusat untuk keperluan penyaluran lembar suara yang dibutuhkan" paparnya. Pengiriman lembar suara, sambungnya kemungkinan akan tiba di Kabupaten HSU beberapa menjelang pelaksanaan Pemilu. Hingga Awal januari 2014 ini pihak KPU HSU belum menerima agenda pertemuan koordinasi, baik ditingkat KPU Propinsi maupun pusat terkait persiapan pelaksaaan Pileg termasuk persoalan DPT, persiapan logistik dan lainnya. (Edy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar