Rabu, 05 Februari 2014

Aktivitas Ekonomi Teralih ke Kabupaten Tetangga

Akibat kondisi sarana jalan di wilayah Kecamatan Banjang mengalami kerusakan mengakibatkan aktivtas ekonomi masyarakat dari hasil keberadaan perusahan sawit di wilayah itu banyak beralih dibelanjakan ke kabupaten-kabupaten tetangga seperti Kabupaten Balangan dan Hulu Sungai Tengah.
Camat Banjang Drs Jahidiannor mengungkapkan masyarakat yang cukup banyak ikut berkecimpung dalam berbagai usaha yang berkaitan dengan keberadaan perusahaan perkebunan sawit terkendala melakukan aktivitas ekonomi menuju Kota Amuntai dan sekitarnya akibat kondisi jalan dari Desa Damar dan Pawalutan mengalami sejumlah kerusakan.
"selama ini aktivitas ekonomi dari keberadaan perusahaan kelapa sawit mengalir ke Kabupaten-kabupaten tetangga, tidak ke kabupaten HSU karena akses jalan yang sulit untuk menuju banjang atau amuntai" Ujar Jahidianoor di Amuntai, Rabu.
Dua desa yang menjadi lokasi pengembangan perkebunan sawit ini merupakan desa terpencil yang terletak di perbatasan Kabupaten HSU dan Hulu Sungai Tengah (HST) yang sudah cukup lama mendambakan sarana jalan yang refresentatid menuju ke Ibu Kota Kecamatan dan Ibu Kota Kabupaten.
Sebelumnya, kata Jahidiannor, sudah dilakukan perbaikan badan jalan namun seiring waktu kondisi jalan kembali rusak akibat sering dilintasi angkutan berat dan material.
"Keberadaan jalan ini tidak sekedar membuka isolasi namun juga berfungsi penting buat menggerakan ekonomi masyarakat" tuturnya.
Menanggapi keinginan masyarakat tersebut, Bupati H.Abdul saat membuka musrenbang dikecamatan itu menjanjikan dalam waktu dekat keinginan masyarakat akan di realisasikan melalui dana APBD HSU, APBD Propinsi Kalsel dan Pusat
Namun Wahid juga mengingatkan bahwa perbaikan jalan belum bisa direalisasikan apabila masih banyak mobil-mobil angkutan berat melintasi jalan tersebut karena akan kembali merusak badan jalan.
"Jika masih menjadi lintasan angkutan berat akan sia-sia saja karena kondisi tanah diwilayah kita yang terdiri atas lahan rawa sangat labil untuk menahan angkutan berat" terangnya.
Seperti janjinya, Wahid kembali hadir pada kegiatan musrenbang di tingkat kecamatan, dan turut pula dihadiri Anggota DPRD Dapil Kec. Banjang, Ahmad Mawardi, S.Sos, Ketua TP.PKK HSU,Dra. Annisah Rasyidah, sejumlah kepala SKPD, Ketua BPD, serta tokoh-tokoh masyarakat setempat. (Edy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar