Rabu, 12 Februari 2014

Relawan APPI Latih Kader Kibbla HSU

Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) Kalimantan Selatan menggelar Pelatihan Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir dan Anak (KIBBLA) bagi sebanyak 30 kader di Kecamatan Paminggir dan Banjang. Masih tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Balita (AKB) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) membuat relawan APPI Kalimantan Selatan (Kalsel) terpanggil untuk ikut melakukan aksi penyelamatan Ibu (safe Motherhood) untuk menekan AKI dan AKB dengan di dukung CSR PT Adaro Energy, Tbk. Ketua APPI Kalsel Hj Nurhayati Adyaksa mengatakan APPI Kalsel memaklumatkan organisasi mereka terbuka bagi semua organisasi wanita dan kemasyarakatan yang ingin bersama-sama berjuang untuk menekan angka kematian Ibu dan Bayi.
Panitia Pelaksana Pelatihan Puji Astuti menyampaikan harapan Ketua APPI Kalsel ini saat pembukaan pelatihan KIBBLA di Diklat Pananggak Banua Amuntai, Jum'at. Puji menyampaikan AKB di Kalsel yang pernah mencapai 816 orang dan AKI sebanyak 123 orang meski berangsur turun namun apabila lalai sedikit saja dalam mengatasinya bisa saja kembali meningkat di tahun berikutnya. Tinggi AKI dan AKB, lanjutnya umumnya banyak terjadi di wilayah-wilayah yang menjadi kantong kemiskinan, dimana tingkat pendidikan kaum perempuan masih rendah dan kondis sosial yang kurang mendukung yang diistilahkan dengan 3T, yakni Terlambat mendeteksi kelainan, Terlambat mengambil keputusan dan Terlambat mencapai fasilitas kesehatan. "Jadi kita sengaja memprioritaskan memberi pelatihan kepada kader Kibbla di keamatan Paminggir karena wilayah kecamatan ini termasuk daerah terpencil yang perlu mendapat pelatihan bagi kadernya agar memiliki pengetahuan dan keterampilan Kibbla yang memadai" Ujar Puji Astuti.
Mengingat lokasi keamatan Paminggir yang terpencil, kader Kibbla di wilayah ini diharapkannya bisa menjadi penghubung bagi masyarakat dengan petugas kesehatan dan bisa mendeteksi masalah kesehatan yang terjadi dan secepatnya melaporkan. Ketua Tim Penggerak PKK HSU Hj Anisah Rasyidah menyambut gembira partisipasi APPI Kalsel dan CSR PT Adaro yang turut berperan serta membantu program pemerintah daerah dalam menurunkan AKI dan AKB. "Permasalah kematian Ibu dan bayi ini perlu juga mendapat perhatian yang serius dan dukungan semua pihak " Kata Anisah. Meski pemerintah daerah, katanya sudah melakukan berbagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian Ibu dan bayi namun peran berbgai pihak tetap sangat diperlukan. (Edy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar