Rabu, 05 Maret 2014

Menghidupkan Lagi Wisata Kerbau Rawa

Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berencana menghidupkan kembali objek wisata berupa lomba kerbau rawa di Kecamatan Danau Panggang. Event wisata ini sengaja dihidupkan kembali seiring telah terbentuknya jalan penghubung antara Kota Amuntai dengan Wilayah Kecamatan Paminggir yang sebentar lagi rampung pengerjaannya. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) HSU Syahrul Rakhmadi mengatakan sangat disayangkan jika event wisata yang cukup unik ini tidak diteruskan mengingat promosi dan skalanya sudah mencapai tingkat nasional.
"Nah karena jalan menuju Paminggir sudah hampir rampung maka kita akan mempersiapkan menghidupkan kembali event wisata unggulan daerah ini" Ujar Syahrul yang ditemui di Amuntai, Selasa. Pemda HSU, katanya membutuhkan anggaran sekitar Rp2 miliar untuk merehalitasi kawasan areal lomba kerbau rawa yang sudah hampir 10 tahun terbengkalai. Syahrul menuturkan tahun kemaren pihaknya sudah meninjau kawasan arena kerbau rawa untuk menginventasir berbagai kerusakan infrastruktur yang terjadi dibekas kawasan lomba kerbau rawa tersebut. Hasilnya banyak tiang-tiang kayu ulin pembatas arena yang hilang karena diambil oleh masyarakat sekitar. Demikian pula bangunan mess tempat para undangan, wisatawan dan penonton sekitar 40 persen sudah mengalami kerusakan.
"Kita merencanakan untuk membangun beton saja disekitar pembatas arena sebab kalau masih menggunakan bahan kayu ulin dikkawatirkan bisa hilang lagi diambil oleh masyarakat" kata Syahrul. Untuk memperoleh anggaran rehab kawasan arena lomba kerbau rawa ini, Dispopar HSU sudah mempersiapkan proposal pengajuan bantuan anggaran kepada dua kementerian yakni Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pembangunan Daerah tertinggal. "Kalau mengharap anggaran daerah kita sangat terbatas" terangnya. Ia menambahakan apabila proposal anggaran ini disetujui oleh dua kementerian tersebut maka proyek rehab kawasan lomba kerbau rawa itu sudah bisa dikerjakan mulai tahun ini. Syahrul berharap dengan dihidupkannya kembali objek wisata lomba kerbau rawa di Kecamatan Danau Panggang ini akan kembali menggairahkan sektor
pariwisata di Kabupaten HSU, khususnya dikawasan Dua Kecamatan yakni Danau panggang dan Paminggir. "Selain akan menambah pemasukan retribusi daerah, keberadaan obejk wisata kerbau rawa ini juga diharapkan akan menggerakan usaha perekonomian masyarakat di seputar kawasan wisata ini" pungkasnya. (Edy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar