Rabu, 05 Maret 2014

Rekrut Mahasiswa Lipat Kertas Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara merekrut sejumlah mahasiswa yang studi di bebepara sekolah tinggi di Amuntai untuk menjadi tenaga bantu melipat dan menyusun kertas suara di simpan di Gudang Logistik Jalan Norman Umar Amuntai. Selain merekrut tenaga mahasiswa juga dilibatkan pihak keluarga dari anggota KPU HSU yang bisa dipercaya dengan total seluruhnya berjumlah 30 orang. "Mereka bergantian pagi dan sore untuk melipat kertas suara yang ada karena sebagian mahasiswa ada kuliah pagi dan sore" Ujar Ketua KPU HSU Akhmad Syarwani di Amuntai, Sabtu.
Semua urusan logistik ini diharapkan sudah siap 7 hari menjelang pelaksanaan Pemilu Legesatif (Pileg) 9 April agar bisa didistribusikan kesemua kecamatan. Syarmani mengatakan KPU harus memilih petugas yang bisa dipercaya untuk menangani barang-barang logistik Pemilu ini karenanya sebagian direkrut dari kalangan keluarga dekat anggota KPU. Sebuah rumah toko (ruko) yang baru selesai pembangunannya di Jalan Norman Umar Amuntai dijadikan gudang logistik untuk menyimpan tumpukan kertas dan kotak suara, tinta dan alat tusuk kertas yang dijaga secara bergiliran oleh dua petugas dari Polres HSU hingga 25 April mendatang. "Untuk keamanan anggota KPU, Panwaslu termasuk barang logistik telah ada petugas keamanan dari Polres yang mulai melakukan pengamanan hingga 25 April nanti" terang Syarwani.
Ketua KPU ini memaparkan sebanyak 658.748 kertas suara Pemilu Legeslatif sudah diterima KPU Hulu Sungai Utara (HSU) termasuk surat suara cadangan sebanyak 5 persen dari Data Pemilih Tetap (DPT) Surat suara terdiri dari surat suara untuk memilih Calon Legeslatif (Caleg) DPR, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten masing-masing sebanyak 164.687 surat suara, sehingga total 658.748 lembar kertas suara ditambah surat suara cadangan. Hingga Sabtu ini belum ditemukan kertas suara yang rusak atau cacat dan masih dalam proses pelipatan kertas suara dan penyusunan oleh petugas di Gudang Logistik. Syarwani yakin jumlah lembar surat suara yang ada akan mencukupi untuk Pileg 9 April nanti di Kabupaten HSU sesuai dengan jumlah DPT terakhir yang memasuki tahap DPT khusus sebanyak 159.268 pemilih.
"DPT ini akan terus bergerak dan masing-masing tahap DPT ini akan ada perinciannya" tutur Syarwani. Ia menadaskan bahwa kebutuhan logistik untuk Pileg 2014 ini, untuk Kabupaten HSU sudah mencukupi tinggal menunggu berita acara dari KPU Pusat. (Edy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar